Gak Cuma Buat Gaya, Yamaha Grand Filano dan Fazzio Juga Bisa Diajak Kerja Keras

  • Yamaha Grand Filano Hybrid dan Yamaha Fazzio Hybrid memang menonjol dari segi penampilan yang unik dan fashionable, namun bukan berarti keduanya cuma bisa dipakai bergaya. Nyatanya, performa anggota Classy Yamaha ini tak bisa dipandang sebelah mata. Berikut ulasannya.

Otojatim.com - Anggota keluarga Classy Yamaha, yakni Grand Filano Hybrid dan Yamaha Fazzio Hybrid, memang menonjol berkat tampilan retro modern ala motor Eropa. Ditambah mesin hybrid dan fitur-fitur canggih yang memberi pengalaman baru dalam berkendara. 


Meski tampilannya kental dengan kesan fashionable yang pas untuk gaya, namun nyatanya kedua skutik tersebut juga andal saat diajak kerja.


Mari kita bahas mulai dari mesinnya. Baik Fazzio maupun Filano dibekali dengan mesin yang sama, yakni Blue Core Hybrid 125 cc SOHC 4 katup berpendingin udara dengan sistem injeksi. 


Fazzio menghasilkan 8,3 dk @6,500 rpm dengan torsi 10,6 @4.500 rpm. Sementara tenaga Grand Filano ada di angka 8,1 dk @6,500 rpm dan torsi 10,4 Nm @5.000 rpm. Angka tersebut memang tak bisa diajak kebut-kebutan, tapi cukup tangguh dipakai menerabas tanjakan, turunan, dan tikungan bahkan sambil membawa beban berat sekalipun.


Tim Otojatim pernah menjajal performa kedua skutik ini sambil berboncengan dengan total bobot hampir 150 kg. Baik Fazzio maupun Filano menghasilkan akselerasi yang terasa ringan di kecepatan 60-80 km/jam. Saat ditantang melibas tanjakan curam pun tak ada masalah sama sekali, bahkan tidak terasa "ngeden".


Mengingat Yamaha mendesain kedua skutik ini khusus untuk stop & go di traffic padat perkotaan, maka hasilnya memang memuaskan. Pun dengan bodi yang cenderung bongsor, keduanya masih bisa lincah di jalanan.

Soal istilah hybrid pada kedua skutik ini,  berdasarkan penuturan Antonius Widiantoro selaku Manager Public Relations, YRA and Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), sebenarnya teknologi hybrid yang ada pada Fazzio dan Filano merupakan Hybrid Power Assist yang kerjanya didukung oleh Smart Motor Generator (SMG) yang sudah ada di mesin motor Bluecore Yamaha sebelumnya.


Dengan kata lain, sistem hybrid tersebut hanya memaksimalkan teknologi yang sudah ada pada mesin motor Yamaha sebelumnya sehingga tidak ada penambahan part khusus. Sedikit berbeda dibanding sistem hybrid konvensional pada umumnya yang menggunakan mesin listrik tambahan terpisah dari mesin bensin motor.


"Kalau sebelumnya SMG hanya berfungsi sebagai electric starter di motor, sekarang dimaksimalkan sebagai Hybrid Power Assist. Fungsinya untuk memberikan tenaga tambahan ke mesin saat motor berakselerasi selama 3 detik pertama dari kondisi diam," kata Antonius.


Perpaduan mesin mumpuni dan teknologi hybrid di kecepatan rendah dan roller berat, membuat Fazzio dan Filano lebih hemat dalam mengonsumsi bahan bakar. Apalagi ditambah dukungan dari fitur SSS (Stop & Start System) yang otomatis mematikan mesin jika berhenti lebih dari 5 detik.


Hasilnya, dalam seliter tegukan bensin, Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected bisa menempuh jarak hingga 67 km. Sedangkan Fazzio Hybrid-Connected mampu menembus hingga 62,4 km per liter bensinnya. Terbilang paling irit di kelasnya.


Untuk kapasitas tangki, Yamaha Grand Filano mampu memuat 4,4 liter bensin, sedangkan Fazzio berkapasitas 5,1 liter. Dengan demikian, Anda bisa berkendara lebih jauh dan lebih lama.


Ukuran bagasi Grand Filano dan Fazzio pun tak mengecewakan. Untuk Filano, bagasinya memiliki kapasitas 27 liter, sementara Fazzio 17,8 liter. Ini pun masih ditambah dengan hook gantungan barang di bagian dek depan.


Selebihnya, baik Fazzio dan Grand Filano dilengkapi dengan fitur-fitur menyenangkan seperti lampu hazard, konektivitas Y-Connect, open pocket, socket charger.

Semua spesifikasi yang kami sebutkan di atas benar-benar membuktikan bahwa Filano dan Fazzio bukan motor yang cuma buat gaya-gayaan, tapi memang tangguh dari segi performa. Cocok dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin motor trendy tapi juga bisa dipakai kerja seperti logistik, jasa transportasi, dan lain sebagainya.


Dari segi harga, Grand Filano Hybrid dibanderol pada kisaran Rp29 jutaan, sementara Fazzio Hybrid berada di angka Rp25 jutaan (OTR Surabaya). Namun Anda masih bisa mendapatkannya dengan cicilan ringan mulai dari Rp800 ribuan. Sementara untuk uang mukanya mulai dari Rp2 jutaan. Untuk info lebih lanjut bisa langsung kunjungi diler Yamaha terdekat.

LihatTutupKomentar

Kolaborasi Red Bull Racing dan Aston Martin Lahirkan Warna Baru untuk Vantage

Aston Martin Vantage - Red Bull Racing Gaydon, Otojatim.com - Tentunya kita sudah tahu kalau Red Bull Racing sudah bekerjasama dengan...

close
harga yamaha nmax turbo