Dari Pengaman Keuangan Hingga Penjernih Air, Ini Dia Pemenang Astra Honda Motor Best Student 2023

  • Pemenang Astra Honda Motor Best Student 2023 telah ditentukan. Dari ratusan gagasan yang masuk, terpilih dua terbaik yang dinilai mampu memberikan manfaat untuk kebutuhan langsung masyarakat.

Jakarta, Otojatim.com - Pemanang ajang adu gagasan siswa SMA, Astra Honda Motor Best Student (AHM Best Student), telah ditentukan.


Dewan Juri telah menetapkan dua karya terbaik dari ratusan ide dan invensi dari generasi muda Tanah Air yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat, lingkungan, dan solusi untuk pembangunan berkelanjutan.


Pada tahun ini, PT Astra Honda Motor (AHM) mengusung tema Sustainable Development Goals (SDG’s) atau tujuan pembangunan berkelanjutan yang berpijak pada 3 pilar utama AHM Best Student, yaitu Care, Creative, dan Confident. Penilaian dilakukan tidak hanya pada karyanya saja tapi juga keaktifan siswa dalam kegiatan sosial, kompetensi soft, skill, hingga non akademik.


Terdapat dua kategori yag dilombakan, yakni ide dan invensi atau temuan. Dari total 742 karya dari 390 sekolah di 27 provinsi mengikuti kompetisi ini, terpilih dua karya terbaik.


Rafila Anindya Ahmad dari Madrasah Aliyah Negeri 4 Jakarta dinobatkan sebagai juara di level gold untuk kategori ide melalui gagasan berupa inovasi di bidang keamanan dalam proses transaksi keuangan menggunakan QR Code.


Sedangkan pemenang kategori invensi disabet oleh Raditya Syarifatur Riyad dari sekolah SMA Laboratorium UM, Malang, Jawa Timur, yang berhasil mendapat level gold melalui karya alat penjernih air dengan tenaga surya.

Dua karya tersebut dinilai mampu memberikan manfaat untuk kebutuhan langsung masyarakat.


“Terima kasih atas apresiasi yang diberikan untuk karya saya ini. AHMBS adalah ajang yang tepat untuk menunjukkan karya-karya inovasi para pelajar. Inovasi ini hadir dari kegelisahan terhadap masalah ketersediaan air bersih di wilayah pesisir. Tentu ini masih akan saya kembangkan lagi di masa mendatang,” kata Raditya yang mengaku telah mencoba temuannya untuk masyarakat Pulau Kangean, Sumenep, Jawa Timur.


Seleksi AHMBS telah dilakukan secara bertahap di tingkat provinsi hingga akhirnya terpilihlah 20 karya terbaik yang bisa mengikuti babak Grand Final pada 31 Oktober 2023.


Proses seleksi regional sendiri telah dilakukan sejak Agustus lalu, dan dilanjutkan dengan seleksi nasional pada bulan Oktober.


Juri yang mengkurasi karya-karya peserta merupakan para profesional di bidangnya. Di antaranya dari Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, serta pengajar dari beberapa kampus terbaik di Indonesia yakni Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan PPM School of Management.


Karya-karya yang masuk amatlah menarik. Pada kategori ide karya, Gede Indra Apriadi yang merupakan siswa dari SMA Negeri Bali Mandara, Bali berhasil meraih level silver melalui inovasi briket ramah lingkungan dengan memanfaatkan limbah siwalan. 


Sedangkan pada level bronze, ada siswa dari SMA Negeri 2 Kota Agung, Lampung yakni M. Zuruki yang mengajukan ide pembuatan bahan bakar alternatif menggunakan bahan Resin Shorea Javanica.


Pada kategori invensi, pemenang level silver diraih oleh Kadek Bintang Januarta, wakil dari sekolah SMA Negeri Bali Mandara, Bali, melalui Briket Biomassa menggunakan limbah tanaman sorgum.


Disusul oleh Fikri Fadurohman daribsekolah SMK Karya Nasional Kuningan, Jawa Barat melalui karya  pemanggang biji kopi berteknologi tinggi.


Selain berkompetisi pada rangkaian kegiatan seleksi final, para peserta juga diajak melihat langsung proses produksi sepeda motor Honda di pabrik AHM.


Mereka juga mendapat pembekalan soft skill dan mentalitas yang kuat dari inspirator atlet Paralympic M. Fadly. Tak hanya itu, ada sesi diskusi inspiratif dengan Executive Vice President Director AHM Thomas Wijaya. 


Para peserta juga berkesempatan untuk mendapatkan edukasi keselamatan berlalu lintas dengan Honda Riding Trainer (HRT) yang diajari langsung oleh Astra Honda License Instructor di AHM Safety Riding & Training Center (SRTC), Deltamas, Bekasi.


Ahmad Muhibbuddin selaku General Manager Corporate Communication AHM, mengapresiasi karya kreatif para peserta. Ia kagum pada kemampuan siswa dalam menciptakan ide yang memberi dampak positif bagi lingkungan di tengah kesibukan studi di sekolah.


Ahmad berharap AHM Best Student yang sudah dijalankan secara konsisten sejak 2003, akan mampu melahirkan ide dan karya kreatif yang selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG's).


“Karya-karya anak remaja ini diharapkan dapat menjadi alternatif dalam menjawab berbagai tantangan dan kebutuhan masyarakat. Kami berharap AHM Best Student juga dapat melahirkan calon pemimpin masa depan yang cerdas sekaligus peka dan peduli terhadap isu-isu yang ada di sekitarnya,” kata Muhib.


Astra Honda Motor Best Student 2023 didukung oleh Yayasan Astra Honda Motor melalui beasiswa dengan total Rp 104.500.000,- bagi 20 Grand Finalis dan apresiasi bagi Guru Pembimbingnya. 


Secara khusus, Astra Polytechnic turut menyiapkan beasiswa kuliah bagi pemenang. Di mana kategori invensi mendapat dukungan biaya kuliah dan biaya hidup selama 3 tahun senilai total Rp 129.000.000,-. 


Lalu ada beasiswa vokasi senilai Rp 9.000.000,- bagi level silver. Astra Graphia juga menyiapkan 6 laptop bagi seluruh pemenang AHMBS 2023.


AHM Best Student 2023 didukung penuh oleh FIF Group, PT Hitachi Astemo, PT Musahi Auto Parts Indonesia, PT Surayaraya Rubberindo Industries, PT Yutaka Manufacturing Indonesia.

LihatTutupKomentar

Peluncuran SUV Termewah dan Terkencang, Bentley Bentayga Dibanderol Seharga Ferrari

MOBIL KERAJAAN: Bos Bentley Roland Staehler berpose saat peluncuran SUV Bentayga. (Foto/Naskah: Berto) Jakarta, Otojatim.com - Sebaga...

close
harga yamaha nmax turbo