AION ES: Sedan Listrik dengan Baterai Gahar, Harga Gak Sampe 400 Juta

  • Sedan dikenal sebagai lambang prestise. Namun, peminatnya memang tak banyak karena dianggap memiliki keterbatasan ruang baik bagi penumpang maupun barang bawaan. Untuk itu, AION ES hadir dengan platform canggih yang membuat kabin menjadi lebih luas, ditambah teknologi full listrik yang lebih efisien.


Jakarta, Otojatim.com - AION Indonesia meluncurkan AION ES sebagai pengobat rindu bagi para pecinta sedan. 

Spesifikasi AION ES

Bertepatan dengan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, AION ES resmi diluncurkan dengan harga jual Rp386 juta. Jauh lebih murah dibanding pesaing-pesaing di kelasnya seperti BYD Seal, Tesla, dan BMW.


Teknologi canggih dan kenyamanan menjadi hal utama yang ditawarkan AION ES. Cocok untuk masyarakat Indonesia yang mengedepankan prestise sekaligus kepedulian terhadap keberlanjutan lingkungan.


AION ES mengusung High-end Electric Vehicle Platform (AEP) 3.0, dengan tiga keunggulan yakni karakter istimewa (e:xceptional character), ruang interior luas (e:xceptional space), fitur keamanan terbaik (e:xceptional safety), dan jangkauan yang mengesankan (e:xceptional range). Platform ini digadang-gadang membuat performa AION ES setara dengan mobil sport.

High-end Electric Vehicle Platform (AEP) 3.0

Dari luar, AION ES nampak mewah dan anggun, terutama dari Eagle Eye LED Headlamps dan Skyline through-type Taillight.


Adapun dimensinya berukuran panjang 4.810 mm, jarak sumbu roda 2.750 mm, ruang kepala depan 980 mm, dan ruang kaki belakang 968 mm. Hasilnya ruang kabin terasa lebih luas dibanding sedan pada umumnya.


Kapasitas bagasinya juga terbilang luas untuk ukuran sebuah sedan, yakni 450L. Dengan begitu perjalanan sehari-hari semakin terasa nyaman dan fleksibel.


“AION ES menggunakan platform AION High-end Electric Vehicle Platform (AEP) 3.0 yang canggih. Platform ini memungkinkan  AION ES memiliki ruang kabin yang luas," kata Xu ZhaoYu, Head of Product Training AION South East Asia, saat ditemui di GIIAS 2024.


Mobil produksi China ini dipersenjatai dengan motor listrik 100 kW (setara dengan 135 HP) dan torsi 225 Nm. Menghasilkan akselerasi yang responsif sekaligus mencetak efisiensi energi yang baik.


Keistimewaan lainnya adalah baterai yang digunakan adalah model terbaru, yakni Lithium Iron Phosphate (LFP), dengan teknologi ‘Magazine Battery’. Kapasitasnya besar sehingga mampu membawa AION ES hingga jarak 442 km.


Meski kapasitasnya besar, waktu pengisian daya baterai bisa lebih cepat, yakni 45 menit saja untuk total charging dari 0-100 persen.


“Dengan jarak tempuh hingga 442 km pada baterai 100%, setara dengan pengisian daya seminggu sekali bagi pengemudi yang tinggal di BSD dan bekerja di SCBD,  AION ES memungkinkan perjalanan kota yang bebas dan eksplorasi tempat-tempat yang ingin dikunjungi,” ungkap Metta Yunita, Head of Marketing  AION Indonesia


Selain kapasitas yang besar, kelebihan lainnya dari Magazine Battery ini adalah bobotnya yang lebih ringan serta bentuknya pipih sehingga tidak makan tempat. 


Semakin istimewa karena baterai ini mengusung teknologi mutakhir yang mampu menyerap panas sehingga aman dalan kondisi ekstrim, bahkan hingga 1.400 derajat celcius.


Juga didukung sistem pendinginan cepat tiga dimensi dengan Battery Management System (BMS) generasi ke-5 untuk menjaga suhu stabil dan optimal.


Bahkan, Magazine Battery juga sudah melewati serangkaian tes, seperti suhu ekstrem dan tusuk, bahkan tes tembak yang diklaim 980.000 kali lebih cepat daripada middle test.


Semua keunggulan tersebut membuat AION percaya diri dengan keamanan baterai selama penggunaan. Bahkan perusahaan mengklaim sampai saat ini tidak ada kasus baterai terbakar.


“Baterai ini jika dibandingkan dengan mobil listrik pada umumnya, lebih kuat dan lebih baik dalam menyerap panas,” papar Danar Budi Product Team of Aion Indonesia.


Sejumlah fitur-fitur canggih juga disematkan, seperti sistem audio, telepon, cruise control, dan pengalihan informasi melalui setir, hingga Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

AION ES di GIIAS 2024

Yuanita, salah satu pengunjung GIIAS 2024, yang juga penggemar mobil-mobil sedan, mengaku jatuh hati dengan AION ES.


"Pertama dari eksteriornya, kelihatannya simple, tapi tetap mewah dan fashionable banget. Lalu kabinnya itu luas, bagasinya juga luas. Terlebih dari segi harga juga bersabat banget. Apalagi ini mobil listrik kan, jadi bebas pajak dong. Mantap lah," ujar Yuanita antusias.


Khusus bagi 1.000 pembeli pertama, akan mendapatkan bonus lifetime warranty untuk komponen baterai dan motor listrik, serta exclusive wall charger 7kW.


“Peluncuran AION ES memenuhi tuntutan pasar akan kendaraan Sedan listrik canggih dan praktis untuk konsumen urban yang dinamis. Dengan keseimbangan sempurna antara fungsi, gaya, dan teknologi modern, AION ES tidak hanya menawarkan kemewahan tetapi juga mendukung produktivitas sehari-hari dan memberikan pengalaman berkendara superior,” tutup Andry Ciu, CEO AION Indonesia.

LihatTutupKomentar

Mercedes Benz E63 S Wagon, Bukan Mobil Keluarga Sembarangan

Mercedes-Benz-E63 S AMG Estate Affalterbach, Otojatim.com - Station Wagon atau saat ini terkenal sebagai Shooting Brake merupakan salah...

close
harga yamaha nmax turbo