Mobil Hybrid Makin Diminati, Suzuki Siapkan Teknologi Terbaru di GIIAS 2024

  • Kehadiran kendaraan hybrid membawa angin segar di industri otomotif Tanah Air. Kini, masyarakat sudah teredukasi dan mulai percaya diri untuk meninggalkan teknologi konvensional.


Otojatim.com - Kepercayaan masyarakat terhadap kendaraan hybrid kian meningkat. Selain ramah lingkungan, efisiensi konsumsi bahan bakar menjadi pertimbangan utama konsumen untuk berpaling ke mobil hybrid.

Suzuki Ertiga di GIIAS 2024

Hal ini tercermin pada rapor penjualan Suzuki di kuartal pertama tahun 2024. Per Mei 2024, kenaikan penjualan mencapai 22 persen dibanding periode sebelumnya.


Kategori passenger mengambil porsi 48 persen penjualan keseluruhan. Di mana 35 persennya adalah hasil penjualan mobil hybrid.


"Dari angka ini, kami melihat bahwa orientasi masyarakat perlahan berubah, yang saat ini sudah semakin peduli akan pentingnya penggunaan kendaraan yang ramah lingkungan," Deputi Managing Director PT SIS, Donny Saputra. 


Teknologi hybrid Suzuki dinamakan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Model-modelnya antara lain Grand Vitara, XL7 Hybrid, dan Ertiga Hybrid Cruise.

XL7 Mendominasi Penjualan Mobil Hybrid Suzuki

Dari tiga model tersebut, XL7 Hybrid menempati posisi penjualan terbanyak disusul Ertiga Hybrid.


Kinerja SHVS mengandalkan kerja sama antara mesin dan baterai. Daya baterai bergerak menuju ISG (Integrated Starter Generator), lalu dilanjutkan ke mesin bensinnya. Bantuan listrik ini mulai bekerja di tarikan bawah ke tengah. Hasilnya, mesin lebih efisien, terutama saat berkendara di situasi stop and go.


Namun, teknologi hybrid ini tidak membuat mesin jadi lebih bertenaga. Oleh karenanya disebut pula sebagai mild hybrid atau semi-hybrid.


Tim Otojatim telah menjajal sendiri efisiensi bahan bakar dari Suzuki Ertiga Hybrid beberapa waktu lalu dengan metode full to full menggunakan bensin RON 98.


Menjelajah rute Kota Batu ke Surabaya sejauh 140 km dengan kontur pegunungan yang naik turun, Suzuki All New Ertiga Hybrid hanya menenggak 22,11 km/liter untuk transmisi manual dan 19,66 km/liter untuk transmisi otomatis.


Kelebihan lainnya, dibandingan mobil listrik full baterai, mobil hybrid tak perlu dicas sehingga bisa menempuh jarak jauh tanpa ketergantungan SPKLU.


Bagi Anda yang penasaran ingin mencoba langsung performa mobil-mobil hybrid dari Suzuki, event pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 bisa menjadi kesempatan yang tepat.


Selama 10 hari, yakni dari tanggal 18 hingga 28 Juli 2024, di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Suzuki memberi kesempatan pada para pengunjung untuk membuktikan sendiri performa dari produk-produk unggulannya.

Peserta test drive suzuki

Seperti Ting Ku Ah, yang melakukan test drive Ertiga Hybrid di arena GIIAS 2024. Ia mengaku penasaran dengan model hybrid dari Suzuki.


"Walaupun ini semi hybrid ya. Tapi akselerasinya oke. Terasa nyaman dan stabil saat dikendarai. Apalagi Suzuki ini lebih murah dibanding merek lain," katanya antusias.


All New Ertiga Hybrid dibekali mesin berukuran 1.462 cc, 4 silinder, berkode K15B yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 103,2 dk pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada rpm 4.400.


Mesin tersebut didukung dengan kehadiran baterai lithium-ion berkapasitas 6 Ah 12 Volt.


Soal harga, All New Ertiga Hybrid memang  terjangkau. Untuk tipe GX MT dibanderol Rp 275,6 juta, sedangkan tipe GX AT Rp 286,6juta, dan Cruise Two Tone AT sebagai tipe tertinggi dihargai Rp 301 juta.


Tak hanya Ertiga, Suzuki juga memboyong mobil-mobil terbarunya ke GIIAS 2024, mulai dari Jimny 5 Door, Grand Vitara Hybrid, XL7 Hybrid, All New Baleno, S-Presso, hingga All New Carry dan tentunya SUV listrik konsep Suzuki eVX.

Suzuki eVX adalah mobil listrik pertama Suzuki

Suzuki eVX adalah mobil listrik pertama Suzuki yang rencananya akan diperkenalkan secara resmi pada 2025 mendatang. 


SUV ini menggunakan teknologi terbaru yang menawarkan jangkauan jarak hingga 500 Km. Dilengkapi penggerak roda EV 4WD ALLGRIP terbaru yang tangguh menerjang medan off-road namun tetap nyaman digunakan di perkotaan.


Selama ajang GIIAS 2024, Suzuki menawarkan keuntungan maksimal kepada pelanggan yang melakukan pembelian mobil baru Suzuki. Di antaranya program Extra Cashback hingga jutaan rupiah, paket kredit dengan potongan uang muka, skema cicilan ringan, dan special gift eksklusif.

Donny Suzuki

“Pengunjung yang hadir ke booth Suzuki Indonesia bisa bertemu dan bertanya langsung dengan para sales representative kami, penawaran promo berhadiah yang kami berikan di pameran ini benar-benar memberikan benefit bagi pelanggan,” tutup Donny.

LihatTutupKomentar

Kolaborasi Red Bull Racing dan Aston Martin Lahirkan Warna Baru untuk Vantage

Aston Martin Vantage - Red Bull Racing Gaydon, Otojatim.com - Tentunya kita sudah tahu kalau Red Bull Racing sudah bekerjasama dengan...

close
harga yamaha nmax turbo