Mobil Mazda Bikin Dompet Jebol? Ini Faktanya

  • Masih banyak yang menganggap mobil dan spareparts Mazda mahal seperti produk Eropa. Bagaimana Mazda menanggapi hal ini? 


Otojatim.com - Imej mahal masih melekat pada mobil-mobil Mazda. Banyak anggapan memiliki mobil Mazda berarti harus siap menguras kantong. Karena bukan hanya harga produknya yang lebih tinggi dibanding mobil keluaran Jepang lainnya, tetapi juga biaya servis yang dinilai lebih mahal.

Penyebab utamanya adalah mobil Mazda yang dijual di Indonesia saat ini masih menggunakan skema Completely Built Up (CBU) atau diimpor secara utuh dari Jepang dan Malaysia.


Parts-nya pun harus diimpor dengan nilai yang bergantung pada kurs dan pajak yang berlaku. Inilah yang membuat harganya tak bisa disamakan dengan rival-rivalnya.


Ricky Thio, selaku Chief Operating Officer PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Agen Pemegang Merek (APM) Mazda di Tanah Air, memberi tanggapan pada hal ini.


"Sebetulnya sparepart Mazda itu bukan mahal, tetapi memang kualitas barangnya juga dibuat berbeda, dengan teknologi lebih canggih. Contoh, headlamp itu sudah ada mechanical-nya, dan segala macam. Jadi dari segi fitur ya memang berbeda," ungkapnya saat ditemui di acara Opening Dealer Mazda Jemursari Surabaya, beberapa waktu lalu.


Lebih lanjut, Ricky mengatakan bahwa Mazda juga tak main-main soal kualitas.


“Mazda terkenal dengan salah satu mobil yang juga paling safety, memang ada kualitas," ucapnya.


Baru-baru ini, Mazda memang memperoleh penghargaan TOP SAFETY PICK+ dari Insurance Institute for Highway Safety untuk 3 model unggulannya, yakni Mazda 3 2024, hatchback Mazda 3, dan Mazda CX-30.


Untuk mendapatkan gelar tersebut, Mazda harus lolos sejumlah uji. Antaranya: uji tumpang tindih di sisi pengemudi dan penumpang, lampu depan, sistem pencegahan tabrakan dari berbagai sisi, dan evaluasi kendaraan ke pejalan kaki pada siang dan malam hari.


CX-30 bahkan memenuhi syarat “plus” berkat sistem pencegahan tabrakan depan yang dinilai unggul dalam pengujian siang dan malam hari, juga dua variasi lampu depan yang mendapatkan peringkat luar biasa.

Sejak awal diperkenalkan pada tahun 2019, Mazda CX-30 memang banyak jadi incaran para penggemar otomotif. Penampilannya yang trendy dan performa yang fun to drive, jadi daya tarik utamanya.


Pembaruan di tahun 2023 membuat sistem keamanannya kian mantap dengan mengusung fitur lengkap seperti Mazda Radar Cruise Control (MRCC) dan Smart Brake Support.


Berbicara tentang lampu depan, CX-30 menggunakan LED Projector dari Mazda-CX3 ditambah AFS (Adaptive Front Lighting System) yang tajam di malam hari, serta sein dengan konsep heartbeat flash yang elegan.


Mazda CX-30 masuk ke jajaran 7G Mazda yang terkenal dengan fitur dan teknologi canggih. Di antaranya Power Back Door, sistem suara BOSE dengan 12 speaker, Wireless CarPlay, pengisi daya nirkabel 15W, hingga Mazda Connect 10.25 inci, 


Manuver di kecepatan tinggi dan menikung terasa bertenaga namun halus berkat mesin SKYACTIV G 2.0 in line 4 cylinder DOHC 16 Valve 2.0 liter, yang diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 155 HP dan torsi maksimum 200 Nm.


"Jadi ya memang Mazda punya kualitas. Meski begitu, kita tetap usahakan ada sparepart kita yang disuplai supplier lokal, tapi ya harus resmi teregisted Mazda, sesuai dengan standar dan maunya Mazda," tambah Ricky.


Untuk menyiasati risiko tingginya pengeluaran saat harus mengganti part karena senggolan, pengguna bisa melakukan sejumlah cara. Utamanya dengan mengikuti asuransi sehingga penggantian kerusakan tidak akan menguras kantong.


Selain itu, melakukan servis rutin tepat waktu juga akan sangat membantu. Dengan begitu, jika ada kerusakan, dapat terdeteksi lebih awal sehingga tercegah dari biaya perbaikan yang lebih besar.


Servis bisa dilakukan saat 1 bulan atau 1.000 km sejak kendaraan diserah terima. Lalu dilanjutkan setiap 5 bulan atau setiap 10.000 km. 


"Yang pasti kami pastikan spare part kami yang periodical maintenance itu bisa terjangkau, paling enggak sesuai dengan target pasar yang ada. Malah, beberapa mobil Mazda terbaru justru sangat menguntungkan karena service dan spare partnya gratis," pungkas Ricky.


Pengguna juga bisa memanfaatkan kesempatan promo paket servis yang kerap ditawarkan Mazda di event khusus. 


Seperti pada 18 hingga 28 Juli 2024 ini, Mazda hadir di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di ICE, BSD, Tangerang Selatan. Sejumlah keuntungan disiapkan untuk menyambut pengunjung pameran, baik yang sudah memiliki produk Mazda maupun yang baru akan meminang mobil Mazda impiannya.


Spesial untuk existing customers, ada penawaran menarik, seperti special price untuk produk AutoExe, ban, dan yang lainnya hanya dengan melakukan perbaruan data di Aftersales Corner booth Mazda.


Salah satu pengguna setia Mazda, Eriko, yang ditemui di GIIAS 2024, menceritakan kepuasannya menggunakan CX-30.


"Fungsi-fungsinya sesuai dengan apa yang saya incar, apalagi modelnya. Soal harga spare part, saya rasa gak berbeda jauh dengan merek lain di kelas yang sama ya. Sejauh ini aman-aman saja," ujarnya.

Selama GIIAS 2024, Mazda juga memberi berbagai penawaran eksklusif, seperti special sales deals, free paint protection film, aksesoris dash cam recorder, merchandise eksklusif dari Mazda Curated, voucher belanja VIVERE, dan masih banyak lagi. 


Pengunjung bahkan bisa melakukan upgrade kendaraan dengan produk AutoExe atau sound system dengan JBL.


Memiliki unit Mazda impian makin mudah dengan Program leasing fleksibel DP rendah, suku bunga kompetitif, dan persetujuan instan dari berbagai mitra leasing.


Pramita Sari, sebagai Marketing & Communications General Manager PT Eurokars Motor Indonesia, mengundang Mazda Friends dan penggemar otomotif untuk mengunjungi booth Mazda di Hall 7A, ICE BSD City pada GIIAS 2024.


"Nikmati pengalaman berkendara yang menyenangkan, dengan desain kendaraan yang memanjakan mata, bersama Medium SUV kami, Mazda CX-30. Mazda CX-30 adalah pilihan ideal bagi mereka yang menginginkan gaya dan kenyamanan terbaik," ujar Paramita.


Mazda memberikan layanan purna jual, 5 Years MyMazda Warranty untuk setiap pembelian unit Mazda dengan VIN tahun 2024, termasuk Mazda CX-30. 


Program tersebut meliputi garansi 5 tahun atau 150.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu, serta layanan 3 Years MyMazda Service yang memberikan jaminan servis selama 3 tahun atau 60.000 km. 


"Dengan program ini, kepercayaan diri dalam mengemudi mobil Mazda akan semakin terjamin," tutup Pramita.

LihatTutupKomentar

Mercedes Benz E63 S Wagon, Bukan Mobil Keluarga Sembarangan

Mercedes-Benz-E63 S AMG Estate Affalterbach, Otojatim.com - Station Wagon atau saat ini terkenal sebagai Shooting Brake merupakan salah...

close
harga yamaha nmax turbo