New GR Yaris Debut di GIIAS 2024: Toyota Perkuat 3 Pilar Brand GR di Indonesia

Otojatim.com - GAZOO Racing (GR) memperkenalkan line-up terbaru mereka, GR Pure, di Indonesia dengan memamerkan New GR Yaris di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang berlangsung di Hall 5B ICE BSD City, Tangerang – Banten, dari tanggal 18 hingga 28 Juli 2024.
New GR Yaris di GIIAS 2024

Selain telah menghadirkan 13 model GR di Indonesia, PT Toyota-Astra Motor (TAM) juga memperkuat ekosistem utama brand GR yang meliputi Motorsport, Community, dan Product. Pada kesempatan GIIAS 2024, Toyota mengumumkan pengembangan kompetisi e-Motorsport TOYOTA GAZOO Racing (TGR) GT Cup dengan menambahkan kategori baru yang memungkinkan pembalap mengikuti kualifikasi di GR Zone di seluruh Indonesia, memperluas peluang bagi pembalap virtual junior untuk berkompetisi.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, menyatakan, "PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengapresiasi penerimaan positif masyarakat terhadap brand GR di Indonesia. Kami berusaha untuk terus menghadirkan mobil yang lebih baik, serta menyediakan ekosistem yang lengkap bagi pelanggan GR di Indonesia. Pada GIIAS 2024, semangat 'Pushing the Limits for Better' kami tunjukkan melalui New GR Yaris yang mendapat upgrade signifikan."

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Oide, menjelaskan, "PT Toyota-Astra Motor (TAM) kembali memperkuat tiga pilar brand GR, yaitu Motorsport, Community, dan Product, untuk menyebarkan 'Joy of GR for Everyone.' Baik melalui kegiatan balap dan komunitas, maupun produk-produk yang dipasarkan."

Motorsport merupakan aktivitas inti GR secara global, termasuk di Indonesia. TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) aktif berkompetisi di dua ajang motorsport regional, yaitu GT World Challenge Asia dan Asia Cross Country Rally. Pembalap TGRI yang menggunakan GR Supra GT4 Evo telah berhasil meraih lima podium di GT World Challenge Asia Japan Cup 2024 di Jepang.
Toyota perkuat 3 pilar brand GR di Indonesia

Di tingkat nasional, partisipasi TGRI yang mengandalkan varian GR Sport dan GR Pure berhasil meraih beberapa gelar juara nasional di berbagai ajang seperti touring ISSOM, rally, sprint rally, dan slalom sejak 2021, serta beberapa podium juara di awal musim ini.


Pilar Community menjadi salah satu kekuatan Toyota setelah lebih dari 50 tahun hadir di Indonesia. Sejak akhir tahun lalu, PT TAM telah meresmikan komunitas GR Enthusiast yang berfungsi sebagai perpanjangan tangan dalam menyebarkan 'Joy of GR' kepada komunitas Toyota lainnya dan masyarakat luas.

Toyota telah menyediakan tempat berkumpul loyalis GR dan motorsport enthusiast melalui one-stop-community hub GR Garage di Pantai Indah Kapuk 2. Ada juga 28 titik GR Zone yang tersebar di dealer-dealer resmi Toyota di seluruh Indonesia untuk memperluas jangkauan brand GR.

PT TAM juga membuka kesempatan bagi masyarakat pecinta e-Motorsport untuk mengikuti kompetisi TOYOTA GAZOO Racing GT Cup dengan registrasi peserta pada 10-24 Juli 2024 dan Qualifying Time Trial pada 28 Juli 2024. Informasi lengkap dapat diakses melalui microsite gazooracinggtcup.id.
Kompetisi TGR GT Cup 2024

Hiroyuki Oide menambahkan, "Tahun ini, Toyota memperluas kesempatan bagi pembalap pemula e-Motorsport di Indonesia lewat kategori baru yang memungkinkan pembalap melakukan kualifikasi TOYOTA GAZOO Racing GT Cup di GR Zone. Beberapa pembalap tercepat akan bertanding secara nasional di Jakarta melawan perwakilan daerah lainnya, membuka kesempatan luas bagi para pembalap e-Motorsport, khususnya peserta junior, untuk tampil lebih kompetitif dengan dukungan penuh dari Toyota."


Sejak brand GR hadir di Indonesia pada tahun 2021, berbagai produk GR melengkapi pilihan model GR Pure, GR Sport, dan GR Parts, mulai dari entry-level hingga premium car serta yang dilengkapi teknologi elektrifikasi. Saat ini, GAZOO Racing menjual total 13 model kendaraan di Indonesia dengan tingkat penerimaan yang sangat positif, tercermin dari rasio penjualan varian GR Sport dan GR Parts yang melampaui 80% dibanding model non-GR.

GR Yaris adalah produk global yang dibangun dengan prinsip reverse engineering untuk ajang balap World Rally Championship (WRC). Pada tahun 2021, GR Yaris diperkenalkan secara terbatas sebanyak 127 unit yang langsung habis terjual. Di ajang GIIAS 2024, PT TAM mulai memasarkan kembali New GR Yaris sebagai evolusi dari model sebelumnya.

Ada empat poin pengembangan utama pada GR Yaris terbaru: pertama, 8-speed GAZOO Racing Direct AT mendampingi transmisi manual 6-speed. Transmisi ini telah diuji oleh TGR World Rally Team serta peserta TGR Rally Challenge di berbagai lintasan balap, menghasilkan perpindahan gigi yang sangat cepat dan memaksimalkan tenaga mesin di semua rentang putaran.
Peningkatan fitur dan performa New GR Yaris 2024

Mesin 1.600 cc 3-silinder turbo yang digunakan oleh GR Yaris kini menghasilkan tenaga 305 PS dan torsi 400 Nm, meningkat signifikan dari sebelumnya. Selain itu, pengemudi dapat memilih tiga drive mode dengan karakteristik berbeda: Sport, Normal, dan Eco, serta sistem 4WD GR Four yang dioptimalkan untuk meningkatkan performa.


Desain eksterior juga mengalami perubahan untuk meningkatkan aliran udara dan pendinginan mesin, sementara pengendalian dan kenyamanan berkendara ditingkatkan melalui peningkatan rigiditas body dan metode pemasangan suspensi 3 titik.

Anton Jimmi Suwandy menutup dengan mengatakan, "Dengan metode reverse engineering yang diterapkan oleh GR, race car berbasis hatchback ini tetap sangat kompeten untuk mobilitas harian. Di GIIAS 2024, kami mengumumkan penjualan New GR Yaris dengan harga Rp 1,15 miliar untuk transmisi manual dan Rp 1,198 miliar untuk transmisi otomatis (OTR DKI Jakarta), serta tambahan warna baru yaitu Precious Metal yang menemani Platinum White Pearl dan Emotional Red." 
LihatTutupKomentar

Kolaborasi Red Bull Racing dan Aston Martin Lahirkan Warna Baru untuk Vantage

Aston Martin Vantage - Red Bull Racing Gaydon, Otojatim.com - Tentunya kita sudah tahu kalau Red Bull Racing sudah bekerjasama dengan...

close
harga yamaha nmax turbo