iklan jual beli mobil

PLN Gandeng 28 Mitra untuk Pengembangan Infrastruktur Mobil Listrik dan Charging di Indonesia. Ini Daftarnya

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk memudahkan pengguna mobil listrik melakukan pengisian daya. PLN bekerja sama dengan seluruh mitra berkomitmen akan terus mendorong penyebaran SPKLU di seluruh Indonesia
Otojatim.com - PT PLN (Persero) resmi menandatangani 30 Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan 28 mitra badan usaha untuk mengembangkan dan menyediakan infrastruktur pengisian kendaraan listrik di PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (UID Jaya) pada Rabu, 3 Juli 2024. Kerja sama ini merupakan bagian dari upaya memperkuat ekosistem kendaraan listrik (EV) di Indonesia.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menegaskan komitmen perusahaan untuk mendukung penuh langkah pemerintah dalam mempercepat pengembangan ekosistem EV melalui penyediaan infrastruktur yang masif. Hal ini sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 79 Tahun 2023 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan.

"Penggunaan EV penting dalam mengurangi emisi karbon di sektor transportasi. Sebagai lokomotif transisi energi, PLN tidak bisa bergerak sendiri. Kami akan terus berkolaborasi dengan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna EV melalui penyediaan infrastruktur pengisian baterai secara masif," ujar Darmawan.

Direktur Retail dan Niaga PLN, Edi Srimulyanti, menambahkan bahwa ekosistem kendaraan listrik terus tumbuh pesat, didukung oleh stimulus dan insentif pemerintah serta kemudahan dari PLN dalam pemasangan baru, penambahan daya, dan harga spesial pengisian daya listrik di rumah.

"Pertumbuhan kendaraan listrik signifikan berkat dukungan yang ada. Kami akan memastikan keandalan ekosistem EV agar masyarakat semakin yakin beralih dari kendaraan berbahan bakar fosil ke EV," kata Edi.

Melalui kerja sama ini, PLN dan 28 mitra akan mengembangkan infrastruktur EV seperti Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk roda dua dan empat, Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), dan layanan Home Charging Services.

Edi juga menegaskan bahwa langkah ini penting untuk mencapai target penambahan 3.000 unit SPKLU dan 250 unit SPBKLU pada tahun 2024. Kerja sama ini juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan adopsi EV di Indonesia.

Ketua Asosiasi Sepeda Motor Listrik Indonesia, Budi Setyadi, menyatakan bahwa kolaborasi ini membantu menghilangkan kekhawatiran masyarakat dalam menggunakan kendaraan listrik.

"Kami berterima kasih kepada PLN atas inisiatif kolaborasi ini. Semoga MoU ini dapat segera diimplementasikan dan memberikan dampak signifikan," ujar Budi.

Dannif Danusaputro, Ketua Asosiasi Ekosistem Mobilitas Listrik, juga memuji inisiatif PLN dalam mengembangkan infrastruktur EV. "Ini adalah inisiatif yang sangat baik dari PLN. Kita mendukung penuh inisiatif ini. Masa depan cerah jika kita berkolaborasi," tutup Dannif.

Berikut adalah 28 mitra yang berkolaborasi dengan PLN:
  1. Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI)
  2. Asosiasi Ekosistem Mobilitas Listrik (AEML)
  3. PT Alessa Motors Nusantara
  4. PT Wedison New Energy Group
  5. PT Hartono Istana Teknologi (Polytron)
  6. Skyline Mobility Inc
  7. PT Oyika Energi Indonesia
  8. PT Gotion Indonesia Material
  9. PT Triangle Motorindo (Viar Motor)
  10. PT Industri Baterai Indonesia (IBC)
  11. PT TDL Energy Indonesia (TDL ID)
  12. PT Gesits Motor Nusantara
  13. PT Energi Selalu Baru (VOLTA)
  14. PT Swap Energi Indonesia
  15. PT Energi Kreasi Bersama (ELECTRUM)
  16. PT Saic Motor Indonesia (MG)
  17. PT Ardendi Jaya Sentosa (TOYOTA)
  18. PT Neta Auto Indonesia
  19. PT Garuda Mataram Motor (VW)
  20. PT Indomobil Energi Baru (AION Y)
  21. PT Duta Cemerlang Motors (Hino)
  22. PT Multi Integra Digital
  23. PT Darma Putra Lestari
  24. PT Arista Elektrika Nusantara
  25. PT High Volt Technology
  26. PT Exelly Elektrik Indonesia
  27. PT Listrik Anugerah Divina
  28. PT Bringin Karya Sejahtera
LihatTutupKomentar

Seremoni Produksi Perdana Suzuki GSX-R 150 di Indonesia

Otojatim.com - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) secara resmi memulai produksi pertama motor sport terbarunya, GSX-R 150. Acara peresmian pro...

close
harga yamaha lexi