Rekor MURI: Pengisian Daya Mobil Listrik Terbanyak di Bandung oleh PLN dan WEVI

Otojatim.com - Pada 13-14 Juli 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Komunitas Mobil Listrik Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI) mengadakan Kopdarnas di Bandung.

Pengisian daya mobil listrik oleh PLN dan WEVI di Bandung


Acara ini berhasil mencatatkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) untuk "Pengisian Daya Listrik Pada Mobil Listrik Terbanyak di Satu Lokasi," dengan 120 mobil listrik melakukan pengisian daya serentak di Soreang, Kabupaten Bandung. Acara ini diikuti oleh 141 peserta dari 8 kota, mulai dari Lampung hingga Yogyakarta.

Direktur Operasional MURI, Yusuf Ngadri, menyatakan, "Kendaraan listrik di masa depan akan menjadi solusi untuk mengatasi polusi. Mobil listrik adalah transformasi dari kendaraan berbahan bakar fosil dan merupakan solusi untuk mengurangi pencemaran lingkungan."

Ketua Umum WEVI, Deni Sukatno, mengapresiasi peran PLN dalam memimpin akselerasi ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Ia juga berterima kasih atas dukungan PLN dalam acara Kopdarnas WEVI yang bertujuan mengkampanyekan gaya hidup elektrifikasi menggunakan kendaraan listrik kepada masyarakat. Deni menambahkan bahwa acara ini memberikan informasi tentang kenyamanan menggunakan mobil listrik, termasuk saat pengisian daya.
Mobil listrik melakukan pengisian daya serentak dalam acara Kopdarnas WEVI

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menegaskan komitmen perusahaan dalam mendukung penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. "Ekosistem kendaraan listrik adalah gaya hidup masa depan yang bebas emisi dan ramah lingkungan. PLN all-out untuk menyediakan infrastruktur yang memadai bagi pengembangan kendaraan listrik di Tanah Air," katanya.

Sementara itu General Manager PLN UID Jawa Barat, Susiana Mutia, menyatakan bahwa pihaknya terus berupaya menyediakan infrastruktur kendaraan listrik. "Saat ini, terdapat 209 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN di Jawa Barat. PLN memberikan tarif khusus untuk pengisian daya kendaraan listrik di rumah pada pukul 22.00-05.00 serta menyediakan layanan Home Charging dengan promo pemasangan baru seharga Rp850.000."

PLN aktif menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk produsen kendaraan listrik dan pengembang teknologi pengisian daya. Selain itu, PLN juga terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai manfaat dan pentingnya beralih ke kendaraan listrik.

Susiana menekankan bahwa pengembangan kendaraan listrik tidak hanya memberikan manfaat bagi lingkungan, tetapi juga membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat, dan mengajak berbagai pihak untuk berkolaborasi dalam penyediaan SPKLU.
LihatTutupKomentar

Mercedes Benz E63 S Wagon, Bukan Mobil Keluarga Sembarangan

Mercedes-Benz-E63 S AMG Estate Affalterbach, Otojatim.com - Station Wagon atau saat ini terkenal sebagai Shooting Brake merupakan salah...

close
harga yamaha nmax turbo