Tips Berkendara Aman dari Yamaha: Cek Kode Ban Motor Sebelum Angkut Banyak Barang

  • Yamaha STSJ mengimbau seluruh pengguna motor agar lebih cermat dan bijak membawa beban sesuai kapasitas ban. Menggunakan ban di luar batas beban yang disarankan akan membawa banyak kerugian.


Otojatim.com - Masih banyak pengendara yang kurang  pemahaman mengenai batas beban angkut pada ban motor. Apalagi sekarang ini sepeda motor menjadi kendaraan operasional favorit untuk antar barang. Tak sedikit pengendara yang nekat memboyong sebanyak-banyaknya bawaan, bahkan yang ukurannya besar. Padahal ada resiko fatal di balik tindakan tersebut.

Prihatin akan hal ini, PT Surya Timur Sakti Jatim (STSJ) sebagai main dealer Yamaha di Jawa Timur, Kalselteng, Kaltim dan Nusa Tenggara, memberikan informasi yang benar mengenai batas beban angkut. 


Ban yang mengangkut berat melebihi kapasitasnya dapat mengurangi traksi dan stabilitas motor. Lebih buruk lagi, hal ini dapat menyebabkan pecah atau mengalami kerusakan, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan. 


Selain itu, umur pakai ban yang dipaksakan melebihi kapasitasnya juga akan berkurang, mengakibatkan pengeluaran tambahan untuk penggantian ban lebih sering dari yang seharusnya.


Pada permukaan ban sudah tertera petunjuk berapa kapasitas maksimal ban tersebut.

Kode "48P" yang tertera pada dinding ban sepeda motor, misalnya, memberikan informasi penting mengenai batas beban maksimum dan kecepatan. Angka "48" menunjukkan bahwa ban tersebut mampu menanggung beban hingga 180 kg, sedangkan huruf "P" mengindikasikan batas kecepatan maksimum yang aman, yakni 150 km/jam.


"Memahami spesifikasi ban adalah langkah kecil namun krusial yang dapat berdampak besar pada keselamatan berkendara. Yamaha selalu menghimbau kepada pengendara untuk memperhatikan batas beban angkut agar performa motor tetap prima dan keselamatan di jalan raya terjamin," kata Ilham Wahyudi, General Manager Service Yamaha Jatim. 


Lebih lanjut Ilham merekomendasikan penggunaan ban dan sparepart asli Yamaha yang dirancang dengan standar tinggi sehingga lebih kenyamanan dan menjamin keselamatan berkendara.


"Pelanggan dapat mengunjungi Bengkel Resmi Yamaha SIP untuk mendapatkan layanan terbaik dari tim mekanik yang berpengalaman," pungkas Ilham.

LihatTutupKomentar

Mercedes Benz E63 S Wagon, Bukan Mobil Keluarga Sembarangan

Mercedes-Benz-E63 S AMG Estate Affalterbach, Otojatim.com - Station Wagon atau saat ini terkenal sebagai Shooting Brake merupakan salah...

close
harga yamaha nmax turbo