Tips Peugeot: Hindari Kerusakan ECU Mesin dengan Cara Ini

  • Peugeot berbagi tips merawat ECU Mesin agar kendaraan tidak cepat rusak.


Jakarta, Otojatim.com - Merawat Electronic Control Unit (ECU) mesin mobil ternyata membawa banyak keuntungan. Di antaranya performa engine jadi lebih terpelihara, mencegah konsumsi bahan bakar berlebih, dan mengindari terjadinya short circuit atau korsleting. 

Perawatan ECU paling mudah adalah dengan memastikan area sekitar ECU Mesin tetap kering, tidak ada genangan ataupun celah air bisa masuk ke dalam perangkat. Selain itu, pastikan konektor tetap terhubung dengan baik.


Sejatinya, fungsi ECU pada mesin adalah untuk mengatur kinerja mesin pada kendaraan modern. ECU memegang peran sangat vital dalam mengatur kinerja mesin kendaraan. Hal ini juga berlaku bagi Peugeot tipe 405, 306, 406, 206 dan yang terbaru adalah Peugeot type SUV 2008, 3008 dan 5008.

Lalu bagaimana jika ruang mesin dilakukan pencucian ? 


"Jika mencuci ruang mesin, hindari untuk menyemprot atau mencuci bagian di sekitar area ECU Mesin langsung dengan air. Ini untuk mencegah agar air tidak masuk ke dalam ECU dan konektor nya yang akan mengakibatkan short-circuit," kata Rafii Sinurat Kepala Bengkel Peugeot Sunter.


Rafii menambahkan bahwa pengguna juga harus menghindari modifikasi ECU atau memasang perangkat electronic dan sensor tambahan untuk membantu ECU Mesin dalam menjalani tugasnya.


Saat ingin menghidupkan mesin, jika motor stater tidak berputar secara optimal karena accu mobil sudah melemah, maka Jangan paksakan kendaraan untuk hidup. 

ECU

Khusus untuk pengguna Peugeot bisa langsung hubungi bengkel resmi terdekat atau layanan Emergency Road Assistance dari Astra World untuk mengatasi masalah ini.


"Jika kendaraan di stater dalam keadaan kondisi baterai lemah dan dipaksa untuk hidup, ini akan mengakibatkan ECU Mesin nge-lock. Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengganti ECU Mesin dengan yang baru," tambah Rafii.


Untuk menghindari kesalahan yang lebih serius, lakukan diagnostic dan perawatan berkala sesuai jadwal untuk memeriksa adanya kode kerusakan di ECU Mesin. Jika ada tanda peringatan 'engine' yang menyala di instrument panel, maka langsung konsultasikan dengan bengkel resmi.

LihatTutupKomentar

Mercedes Benz E63 S Wagon, Bukan Mobil Keluarga Sembarangan

Mercedes-Benz-E63 S AMG Estate Affalterbach, Otojatim.com - Station Wagon atau saat ini terkenal sebagai Shooting Brake merupakan salah...

close
harga yamaha nmax turbo