Balap Motor Listrik Konversi Pertama Dunia: PLN EV Conversion Race 2024 Seri I Sukses Digelar

OTOJATIM - PT PLN (Persero) bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI) berhasil menyelenggarakan putaran pertama PLN EV Conversion Race 2024 di Sentul International Karting Circuit, Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (22/9). Ini menjadi balapan motor listrik konversi pertama di dunia.

Pembalap memacu motor konversi EV di trek balap Sentul Karting Circuit.


Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, mengungkapkan harapannya agar event ini semakin mendorong penggunaan kendaraan listrik, terutama lewat konversi motor. Menurut Dadan, langkah ini penting untuk meningkatkan ketahanan energi dan mengurangi emisi karbon.

"Tujuan utama pemerintah adalah memperkuat ketahanan energi sekaligus menurunkan emisi. Kedua hal ini harus dicapai bersama," ujar Dadan.

Dadan juga menambahkan bahwa antusiasme penonton terhadap balapan ini sangat tinggi, dengan sekitar 800 orang memadati sirkuit Sentul. Ia berharap melalui ajang ini masyarakat semakin percaya bahwa motor listrik hasil konversi mampu bersaing dengan motor konvensional.
Penyerahan piala dan hadiah kepada pemenang PLN EV Conversion Race putaran pertama race 1 di Sirkuit Karting Sentul. Keterangan foto: Bawah: Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana (kedua dari kanan), Dirjen EBTKE Kementerian ESDM, Eniya Listiani Dewi (kedua dari kiri), Direktur Retail dan Niaga PLN, Edi Srimulyanti (kiri), dan Ketua AISMOLI, Budi Setyadi (kanan). Atas: Juara 1, Ahmad Saugi (tengah), Juara 2, Reza Reinaldi (kiri), dan Juara 3, Asep Kurnia (kanan).

"Penonton bisa melihat langsung proses konversi motor dan seberapa baik performanya," jelasnya.

Di kesempatan lain, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menegaskan bahwa PLN berkomitmen mendukung pemerintah dalam mengurangi emisi di sektor transportasi dengan mendorong penggunaan kendaraan listrik. Menurutnya, PLN EV Conversion Race 2024 adalah bentuk inovasi dan kolaborasi antara PLN, pemerintah, dan berbagai pemangku kepentingan untuk mempercepat terciptanya ekosistem kendaraan listrik.

Direktur Retail dan Niaga PLN, Edi Srimulyanti, menjelaskan bahwa ajang ini juga bertujuan mengedukasi masyarakat tentang keunggulan motor konversi listrik, yang memiliki performa tinggi, aman, dan bebas polusi.

Direktur Retail dan Niaga PLN, Edi Srimulyanti (kiri) saat mengunjungi peserta lomba EV Live Conversion yang diikuti siswa-siswa SMK.

"Semoga acara ini menjadi sarana edukasi yang mendorong lebih banyak masyarakat untuk beralih ke motor listrik, sehingga kita bisa menciptakan masa depan yang lebih bersih untuk generasi mendatang," tambah Edi.

Ketua Umum AISMOLI, Budi Setyadi, juga menyampaikan apresiasinya terhadap kolaborasi PLN dan Kementerian ESDM dalam penyelenggaraan acara ini, yang diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap motor listrik, terutama motor hasil konversi.

PLN EV Conversion Race 2024 memperebutkan Piala Menteri ESDM dengan total hadiah mencapai Rp 222 juta. Ajang ini menampilkan tiga kategori lomba, yaitu EV Conversion Race, EV Conversion Endurance Race, dan Live Conversion Competition yang diikuti oleh siswa dari 20 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Berikut hasil akhir dari beberapa kategori:
- Kategori EV Conversion Race 1:

  1. Ahmad Saugi (RMS Project 101 Power Ride by BRT)
  2. Reza Reinaldi (Hardy Motor Racing Team)
  3. Asep Kurnia (MMP Racing Team)

 
- Kategori EV Conversion Race 2:

  1. Ahmad Saugi (RMS Project 101 Power Ride by BRT)
  2. M. Nurgianto (Arjuna BBSP KEBTKE KESDM)
  3. Asep Kurnia (MMP Racing Team)


- Kategori EV Conversion Endurance Race:

  1. M. Firza dan Krisnandito Susanto (F Balank Kingland)
  2. M. Nurgianto dan Febrianus Balank (F Balank Kingland Feat Tia Racing Team)
  3. Alam SP dan Jonathan (BJM 129)


- Kategori EV Live Conversion:

  1. SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta
  2. SMK Negeri 2 Bekasi
  3. SMK Taman Siswa Rancaekek, Kab Bandung
LihatTutupKomentar

Peluncuran SUV Termewah dan Terkencang, Bentley Bentayga Dibanderol Seharga Ferrari

MOBIL KERAJAAN: Bos Bentley Roland Staehler berpose saat peluncuran SUV Bentayga. (Foto/Naskah: Berto) Jakarta, Otojatim.com - Sebaga...

close
harga yamaha nmax turbo