Hyundai Gowa Kupas Cara Gunakan High Beam Assist, Lindungi Pengemudi dan Pengguna Jalan Lain

  • Hyundai Gowa berbagi tips cara mamanfaatkan High Beam Assist  dengan benar agar keamanan berkendara semakin meningkat.


Otojatim.com - Sorotan lampu jauh bisa mengganggu pengendara lain, terutama yang datang dari arah berlawanan, karena cahayanya menyilaukan. Oleh karena itu, pengemudi disarankan untuk mematikan lampu jauh saat kondisi jalanan ramai atau ketika ada kendaraan lain di sekitar.

Namun, tidak jarang pengemudi lupa atau terlambat mematikan lampu jauh. Menjawab keresahan ini, Hyundai memberi solusi cerdas melalui fitur High Beam Assist yang dirancang untuk membantu pengemudi dalam kondisi jalanan gelap total.


Teknologi High Beam Assist dapat ditemukan pada Hyundai SANTA FE. Sensor canggih akan menyesuaikan kisaran jangkauan headlamp (beralih antara lampu jauh dan lampu dekat) secara otomatis pada kondisi jalan tertentu. Fitur ini mengandalkan kamera depan yang digunakan sebagai sensor pendeteksi untuk mendeteksi cahaya dan kecerahan di sekitar kendaraan saat mengemudi.

Berikut cara mengaktifkan High Beam Assist di Hyundai SANTA FE:

  • Mengaktifkan dari Sistem Infotainment: Setelah menyalakan mesin, pilih “Settings” kemudian pilih “high beam assist” (HBA).
  • Posisikan Switch Lampu pada Mode AUTO: Setelah HBA dipilih, letakkan switch lampu depan pada posisi "AUTO". Langkah ini memastikan bahwa sistem dapat bekerja otomatis sesuai kondisi jalan.
  • Dorong Tuas Lampu Jauh: Jika tuas headlamp ditarik ke arah pengemudi saat lampu jauh mati, lampu jauh akan menyala tanpa menonaktifkan High Beam Assist. Saat pengemudi melepaskan tuas headlamp, tuas akan bergerak ke tengah dan lampu jauh akan mati.


Lampu jauh akan meredup secara otomatis atau berganti ke lampu rendah (low beam) saat terdeteksi ada kendaraan dari arah berlawanan atau lampu belakang kendaraan di depan. Dengan begitu, pengemudi tetap dapat melihat jalan dengan jelas saat kondisi sepi, tanpa khawatir mengganggu pengendara lain saat ada kendaraan lain melintas.


Ketika fitur High Beam Assist aktif, lampu jauh hanya akan menyala jika kecepatan kendaraan di atas 40 km/jam (25 mph), dan mati ketika kecepatan kendaraan di bawah 25 km/jam (15 mph).


Jika sensor mendeteksi adanya headlamp kendaraan yang melaju di depan, atau saat penerangan di sekitar kendaraan dirasa cukup memadai, maka lampu jauh pun akan mati. 

Kalau High Beam Assist tidak berfungsi dengan benar, pengguna bisa membuat pesan peringatan “Check High Beam Assist (HBA)” atau “Check HBA system” akan ditampilkan dan lampu peringatan akan menyala pada cluster. Jika lampu peringatan menyala, maka direkomendasikan agar sistem diperiksa oleh bengkel resmi Hyundai Gowa.


“Jangan ragu untuk mengunjungi bengkel resmi Hyundai Gowa terdekat. Mekanik di Hyundai Gowa telah dilatih secara profesional untuk menangani berbagai kebutuhan kendaraan Anda. Dengan keahlian yang terpercaya, kami dapat memastikan kendaraan Anda berada di tangan yang tepat dan mendapat layanan terbaik.” kata Ferry, Chief Operating Officer PT Gowa Modern Motor (Hyundai Gowa).


Bengkel resmi Hyundai Gowa merupakan diler Hyundai dengan jaringan terbesar di Indonesia yang melayani servis dengan teknisi bersertifikasi Hyundai. 


Pelanggan yang penasaran ingin test drive dengan Hyundai SANTA FE  bisa langsung datang ke Hyundai Gowa terdekat, atau hubungi 0812 1000 9400 atau www.hyundaigowa.com dan Instagram @hyundaigowa.id

LihatTutupKomentar

Peluncuran SUV Termewah dan Terkencang, Bentley Bentayga Dibanderol Seharga Ferrari

MOBIL KERAJAAN: Bos Bentley Roland Staehler berpose saat peluncuran SUV Bentayga. (Foto/Naskah: Berto) Jakarta, Otojatim.com - Sebaga...

close
harga yamaha nmax turbo