Mahasiswa Baru Wajib Tahu, Ini Cara Berkendara Aman di Kota Malang Ala MPM Honda Jatim

  • Berikut ini tips berkendara aman bagi para mahasiswa baru di Kota Malang dari MPM Honda Jatim.


Malang, Otojatim.com - Setiap tahun ajaran baru, Malang kedatangan anak-anak muda baru yang hendak menimba ilmu di berbagai perguruan tinggi favorit.

Kebanyakan dari mereka, memilih sepeda motor sebagai tunggangan harian untuk menjelajahi kota Malang.


Agar petualangan bersama teman-teman baru terasa semakin menyenangkan, MPM Honda Jatim berbagi tips berkendara yang #cari_aman.


Pertama, pastikan kondisi sepeda motor selalu prima dengan rutin melakukan servis berkala. Ini sangat penting, terutama untuk menjamin performa rem, lampu, dan tekanan ban.


Apalagi, kontur jalan di Malang sangat variatif, seperti kelokan, tanjakan pegunungan, dan sebagainya. Maka dari itu, performa motor harus selalu dicek sebelum bepergian, terutama di musim hujan.


Jangan lupa selalu mengisi bahan bakar yang cukup agar tidak kehabisan bensin di tengah perjalanan.


Kedua, selalu kenakan perlengkapan berkendara yang sesuai standar. Seperti helm berlogo SNI, jaket, sarung tangan, dan sepatu tertutup. Meski perjalanan ke kampus terasa singkat, namun perlindungan diri tetap harus menjadi yang utama demi meminimalisir risiko cedera jika terjadi kecelakaan.

Ketiga, taati peraturan lalu lintas dan hindari berkendara secara agresif. Tingkatkan kewaspadaan terutama di persimpangan dan jalanan yang padat.


Perhatikan rambu-rambu dan lampu lalu lintas, serta jaga jarak aman dengan kendaraan lain. Sabar dan tidak tergesa-gesa merupakan salah satu kunci berkendara aman.


Keempat, waspadai pejalan kaki. Terutama di wilayah kampus, banyak sekali pejalan kaki. Hormati hak mereka menggunakan jalan dengan nyaman dan aman, terutama di zona zebra cross dan trotoar.


Terakhir, waspada kondisi cuaca. Malang dikenal memiliki cuaca yang bisa berubah tiba-tiba, terutama pada musim hujan. Saat cuaca tidak mendukung, seperti hujan lebat, sebaiknya tunda perjalanan.


Jikapun terpaksa menembus hujan, pastikan mengenakan jas hujan yang memadai sehingga nyaman. Bagaimanapun, berkendara di saat hujan meningkatkan risiko kecelakaan, sehingga harus fokus dan pandai menyesuaikan kecepatan serta menjaga pandangan.


“Kampanye safety riding sangat penting, terutama di kalangan mahasiswa baru yang mungkin belum terbiasa dengan aturan lalu lintas lokal. Kami juga bersinergi dengan beberapa universitas untuk bersama – sama mengkampanyekan keselamatan berkendara. Harapannya, dengan selalu #cari_aman saat berkendara, lingkungan kampus bisa tetap aman dan nyaman bagi semua pengguna jalan,” kata Suhari, Marketing Communication & Development Division Head MPM Honda Jatim.

LihatTutupKomentar

Mercedes Benz E63 S Wagon, Bukan Mobil Keluarga Sembarangan

Mercedes-Benz-E63 S AMG Estate Affalterbach, Otojatim.com - Station Wagon atau saat ini terkenal sebagai Shooting Brake merupakan salah...

close
harga yamaha nmax turbo