Nolan Indonesia Bagi-bagi Helm Eksklusif Senilai Rp 50 Juta, Ini Caranya

  • Nolan Indonesia membagikan tips berkendara aman dan nyaman di Musim Hujan. Ada hadiah helm eksklusif bagi 7 biker yang beruntung.


Jakarta, Otojatim.com – Memasuki musim hujan, pengendara sepeda motor harus mempersiapkan diri lebih esktra sebelum berkendara. Guyuran hujan membuat kondisi jalan licin dan jarak pandang terbatas sehingga meningkatkan potensi kecelakaan. Maka dari itu, penting sekali bagi riders memiliki pengetahuan safety riding yang mumpuni.

Nolan X-804  Ultra Carbon

Periksa Kondisi Motor Sebelum Berkendara

Berikut komponen-komponen yang berperan penting dalam keamanan di jalan yang basah.


Ban: Pastikan tekanan angin pada ban sesuai dengan rekomendasi pabrik. Janga lupa juga periksa keausan ban. Ban yang sudah tipis akan kehilangan traksi sehingga motor lebih mudah tergelincir di jalan licin.


Rem: Periksa kondisi rem, baik rem depan maupun belakang, karena jarak pengereman bisa meningkat di jalan yang basah.


Lampu dan Sein: Hujan dapat mengurangi jarak pandang pengendara lain. Pastikan semua lampu, termasuk lampu utama, lampu rem, dan lampu sein, berfungsi dengan baik untuk memberi sinyal yang jelas kepada pengguna jalan lain.


Gunakan Perlengkapan Berkendara yang Tepat

Demi kenyamanan dan keamanan berkendara, pastikan Anda mengenakan perlengkapan yang tepat.


Helm: Helm memberikan perlindungan utama bagi pengendara, mulai dari melindungi kepala dari cedera serius, melindungi wajah dari debu dan serangga, hingga meningkatkan visibilitas dan kenyamanan berkendara. 


Oleh karenanya, memilih helm jangan sembarangan. Selain keren, juga wajib nyaman dan berkualitas. Seperti helm Nolan yang sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), bahkan ECE 22.06 dari Eropa.


Nolan menawarkan tiga series produk terbaru, yakni Nolan X-804  Ultra Carbon dan Nolan N60-6 Sport dengan tampilan ramping dan agresif khas pembalap, juga N120-1 yang memiliki flip-back pertama dalam sejarah Nolan.


Sublimasi teknologi dan inovasi Nolan dilakukan di Brembate, Sopra. Nolan disertai rotasi pelindung dagu ke belakang yang unik dengan pin tunggal 


Sepatu Anti Air: Gunakan sepatu yang dapat melindungi kaki dari air agar tidak basah, sekaligus melindungi dari dingin dan licin.


Sarung Tangan: Sarung tangan berbahan anti air bisa memberikan pegangan yang lebih baik pada stang, sekaligus menjaga tangan tetap hangat.

Berkendara dengan Kecepatan Aman

Jalan yang licin membutuhkan kewaspadaan ekstra, terutama ketika mengerem atau menikung. Berikut cara tepat berkendara di tengah hujan.


Kurangi Kecepatan: Berkendara terlalu cepat di jalan yang licin meningkatkan risiko tergelincir. Kurangi kecepatan dan sesuaikan dengan kondisi lalu lintas serta permukaan jalan.


Jaga Jarak Aman: Saat hujan, jarak pengereman akan lebih panjang karena cengkraman ban terhadap aspal berkurang. Jaga jarak lebih jauh dari kendaraan di depan Anda agar memiliki waktu yang cukup untuk berhenti jika diperlukan.


Hindari Gerakan Mendadak: Mengerem atau bermanuver mendadak dapat membuat motor kehilangan keseimbangan.


Hindari Jalan yang Licin dan Berbahaya

Saat hujan, pengendara harus meningkatkan kewaspadaan pada kondisi jalan. Marka jalan, jembatan besi, atau jalanan yang berlumpur bisa menjadi sangat licin sehingga meningkatkan risiko kecelakaan.


Waspadai Genangan Air: Hindari mengendarai motor melalui genangan air yang dalam karena selain berisiko terjadi aquaplaning (ban melayang di atas air), genangan tersebut bisa menyembunyikan lubang atau rintangan di jalan.


Hindari Marka Jalan dan Rel Kereta Api: Marka jalan yang dicat dan rel kereta api menjadi sangat licin saat basah. Usahakan menghindari melintas di atasnya, atau jika terpaksa, lakukan dengan hati-hati dan tegak lurus.


Gunakan Teknik Pengereman yang Tepat

Pengereman yang tepat adalah kunci keselamatan di jalan basah. Salah satu teknik yang perlu dikuasai adalah pengereman secara perlahan dan bertahap, bukan pengereman mendadak.


Gunakan Rem Depan dan Belakang: Pastikan Anda menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan, dengan tekanan yang seimbang. Mengandalkan satu rem saja, terutama rem depan, bisa menyebabkan tergelincir.


Antisipasi Pengereman Dini: Jangan menunggu terlalu dekat dengan objek atau kendaraan lain untuk mulai mengerem. Antisipasi situasi lebih awal untuk memberikan waktu yang cukup bagi pengereman yang halus.


Perhatikan Jarak Pandang

Masalah utama saat mengemudi di kondisi hujan deras adalah soal jarak pandang. Pastikan lampu utama dalam kondisi baik untuk meningkatkan visibilitas Anda terhadap pengendara lain.

Nolan, produsen helm terkemuka, konsisten mendukung keamanan dan kenyamanan para pengemudi sepeda motor. Kali ini, Nolan Indonesia ingin bagi-bagi hadiah helm exclusive tipe X-804 RS Ultra Carbon, N60-6 Sport, dan N120-1 senilai Rp 50.000.000 untuk 7 orang yang beruntung. Berikut ketentuannya:

  • Peserta wajib membuat konten video di IG Reels menggunakan helm Nolan.
  • Video kreatif berdurasi maksimal 90 detik (tidak mengandung SARA, pornografi & mengutamakan keamanan serta wajib menjaga nama baik Nolan)
  • Hashtag #nolanhelmet, #nolan, #tetappilihnolan dan #mccuser #nolanindonesia #nolanlovers
  • Kriteria penilaian: Kreativitas, Kualitas Video, Tema dan pesan yang disampaikan.
  • Wajib menambahkan informasi di video, nolan memiliki produk baru yakni X804, N 60-6 Sport dan N 120-1 (Contoh video ada di Instagram @nolan.indonesia)

LihatTutupKomentar

Mercedes Benz E63 S Wagon, Bukan Mobil Keluarga Sembarangan

Mercedes-Benz-E63 S AMG Estate Affalterbach, Otojatim.com - Station Wagon atau saat ini terkenal sebagai Shooting Brake merupakan salah...

close
harga yamaha nmax turbo