Berbeda dengan Esemka Ala Jokowi, Prabowo Pakai Mobil Buatan Pindad

  • Jika Jokowi identik dengan mobil Esemka, Prabowo memilih MV3 Garuda Limousine produksi Pindad sebagai kendaraan di momen bersejarahnya sebagai Presiden RI ke-8.   


Jakarta, Otojatim.com - Mobil putih yang ditunggangi Presiden Terpilih Prabowo Subianto saat arak-arakan di Bundaran HI selepas pengambilan sumpah (20/10/2024), menyita perhatian khalayak. Bentuknya yang gagah dan mewah membuat banyak orang bertanya-tanya mobil jenis apa itu. 

Namanya MV3 Garuda Limousine, besutan PT Pindad, yang memang didesain dan dikembangkan khusus untuk mengakomodir secara langsung arahan dari Presiden Prabowo. 


Presiden Prabowo ditengarai menggunakan MV3 Garuda Limousine di momen bersejarahnya sebagai lambang gerakan menuju kemandirian bangsa Indonesia. 


Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose dalam keterangan resmi perusahaan menyampaikan rasa bangga atas penggunaan MV3 Garuda Limousine dalam momentum bersejarah itu.


“Tentunya kami terharu dan bangga karena kendaraan terbaru kami, MV3 Garuda Limousine, karya anak bangsa digunakan dalam momentum bersejarah. Bapak Prabowo Subianto tiada henti memberi kepercayaan, men-challenge dan mendorong penggunaan produk buatan dalam negeri produksi Pindad untuk terus maju dan meningkatkan kualitasnya,” kata Abraham Mose.


Prabowo memang memiliki keterlibatan besar dibalik MV3 Garuda Limousine. Terutama dalam mendorong kemandirian industri nasional di bidang otomotif khususnya pengembangan kendaraan taktis militer dan kendaraan sipil secara utuh, mulai dari desain konsep sampai produksi masal.


"Kendaraan MV3 Garuda Limousine memiliki desain yang memperlihatkan karakter yang kuat dengan identitas bangsa Indonesia yang kental, dilengkapi dengan fitur keamanan dan kenyamanan untuk penumpang didalamnya. Seperti halnya kendaraan MV3 Maung, Presiden RI, Bapak Prabowo Subianto memiliki peran penting dalam mengungkapkan ide-ide inovatif, identitas bangsa, dan masukan terhadap kendaraan MV3 Garuda Limousine. Tim enjiniring kami beserta seluruh insan Pindad berupaya keras untuk mewujudkannya, alhamdulillah hari ini produk buatan dalam negeri untuk pertama kalinya digunakan langsung oleh Presiden RI," kata Direktur Teknologi & Pengembangan PT Pindad, Sigit P. Santosa.


MV3 Garuda Limousine dikembangkan khusus dari MV3 untuk kendaraan Presiden dan Wakil Presiden RI. Tampilannya ekslusif dan maskulin, dengan material berkualitas serta fitur-fitur mutakhir.


Garuda memiliki bobot 2,95 ton, dimensi panjang sekitar 5,05 m, lebar 2,06 m, tinggi 1,87 m, serta desain long wheelbase yang nyaman dan lega.


Daya mesinnya 202 PS/199 HP, transmisi AT dengan 8 percepatan, dan memiliki kecepatan maksimum 100 Km/jam.


Dengan portofolio produsen alpalhankam, proteksi kendaraan menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, seluruh elemen Garuda mengandung fitur keamanan.


Body menggunakan material composite armor yang memiliki ketahanan terhadap munisi kal. 7,62 x 51 mm NATO ball & kal. 5,56 x 45 mm M193.


Kaca antipeluru level B5/B6, serta ban berukuran R21 dengan tipe Run Flat Tyre (RFT) yang bisa tetap melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan.


Bagian samping terdapat automatic footstep untuk memudahkan pijakan keluar masuk penumpang. 


Logo Garuda dengan kepak sayap mengembang terpampang di berbagai bagian mulai dari grille hingga velg, melambangkan kekuatan dan gerak dinamis.


Jika diperhatikan seksama, grille Garuda membentuk motif batik parang yang menggambarkan kearifan lokal.


Sementara pada bagian belakang, terdapat dual exhaust untuk meningkatkan performa.

Masuk ke interior, kesan mewah terpancar dati material wood finish accents. Kursi penumpang menggunakan model captain seat dengan pengaturan elektrik disertai leg rest serta limo touch control panel.

Tak ketinggalan fitur terkini seperti Head Unit 12 inci, kamera 360°, LED smart TV, cooled storage, dan portable WiFi.

LihatTutupKomentar

Peluncuran SUV Termewah dan Terkencang, Bentley Bentayga Dibanderol Seharga Ferrari

MOBIL KERAJAAN: Bos Bentley Roland Staehler berpose saat peluncuran SUV Bentayga. (Foto/Naskah: Berto) Jakarta, Otojatim.com - Sebaga...

close
harga yamaha nmax turbo