Bersama Hilux Rangga, Toyota Hidupkan Kembali Ekosistem Bisnis Karoseri di Indonesia

  • Melalui mobil niaga terbaru, All New Hilux Rangga, Toyota ingin menghidupkan lagi ekosistem bisnis karoseri di Indonesia. 


Otojatim.com - Dengan konsep Total Mobility Solution, Hilux Rangga bisa dibangun sesuai dengan kebutuhan konsumen. Mulai dari campervan, ambulans, towing, bahkan jadi SUV keluarga. Di mana dalam prosesnya Toyota akan melibatkan tak kurang dari 70 body builder rekanannya.

"Produk pickup seperti (Hilux Rangga) ini kan perlu dikonversi agar bisa digunakan sesuai kebutuhan konsumen. Apakah mau dijadikan ambulans, camping, dan sebagainya. Jadi kami berharap kehadiran Rangga bisa mengembangkan dunia body builder di Indonesia. Untuk itu, kami telah bekerja sama dengan 70 karoseri maker dan masih akan terus bertambah," kata Anton Jimmy, Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM), pada acara launching Hilux Rangga di Surabaya, Rabu (16/10).


Urusan karoseri bukan hal baru bagi Toyota. Sebelumnya, Toyota sudah terkenal dengan Kijang Pickup yang melegenda dari tahun 1977 hingga 2006.


"Toyota sudah sangat berpengalaman soal karoseri sejak zaman Kijang dulu. Jadi sebagian besar dari karoseri maker yang kami ajak kerja sama memang teman-teman kami sendiri juga. Bahkan sebagian dari dealer Toyota itu mantan pemain karoseri," ujar Anton.


Menurut Anton, proses sertivikasi karoseri maker ini telah dilakukan Toyota selama setahun belakangan. Hasilnya, terkumpullah 70 karoseri yang sebagian besar berada di Pulau Jawa. Data karoseri tersebut juga sudah dikordinasikan dengan semua dealer Toyota di Indonesia sehingga konsumen bisa langsung mendapat solusi saat membeli unit Rangga di dealer.

"Karoseri kan berbeda-beda spesialisasinya, apakah bisa membuat cool box atau campervan, dan sebagainya. Itu semua sudah kami data dan sudah diinformasikan ke semua dealer TAM. Jadi konsumen yang berminat dengan Rangga, tak perlu pusing, tinggal datang dan jelaskan kebutuhannya ingin seperti apa. Nanti dealer akan memberikan informasi karoseri yang bisa memenuhi kebutuhan itu," papar Anton.


Tak hanya mempermudah proses pembangunan mobil, karoseri resmi yang telah dipilih dan diaudit oleh TAM juga akan sangat membantu proses pengajuan kredit. Mengingat harga karoseri bisa tinggi, sehingga sebagian konsumen perlu mengajukan pembiayaan. 


"Karoseri ini kan nilainya cukup besar. Bisa sampai 100 juta, 200 juta. Dengan adanya karoseri rekanan, pihak kredit akan merasa nyaman karena karoseri sudah diaudit langsung oleh TAM," ungkap Anton.


Tak hanya soal kredit, karoseri juga berkaitan dengan pengurusan izin ke Pemerintah, yakni Surat Keputusan Rancang Bangun (SKRB). TAM juga menyediakan sistem khusus untuk mengurus hal ini sehingga konsumen merasa lebih mudah.


"Sebelum mobil dibuat karoseri, terlebih dulu harus mengurus SKRB sesuai aturan pemerintah agar bisa jalan. Maka kami membuat sistem yang bisa diakses oleh karoseri maker. Kami akan mengecek dulu apakah karoseri memenuhi safety dan layak," papar Anton.

Hilux Rangga hadir dengan wajah yang berbeda dibanding mobil niaga pada umumnya, yakni dengan bonnet sehingga lebih aman dan nyaman bagi pengemudi. Mesin yang digunakan sama dengan milik Fortuner dan Inova sehingga ketangguhannya sudah terjamin.


Ada dua pilihan mesin, yakni gasoline atau bensin 2.000 CC dan diesel 2.400 CC, juga single kabin dan casis. Rangga dipasarkan mulai dari Rp 188 juta.

LihatTutupKomentar

Kolaborasi Red Bull Racing dan Aston Martin Lahirkan Warna Baru untuk Vantage

Aston Martin Vantage - Red Bull Racing Gaydon, Otojatim.com - Tentunya kita sudah tahu kalau Red Bull Racing sudah bekerjasama dengan...

close
harga yamaha nmax turbo