Jurus Jitu Mitsubishi Fuso Jadi Andalan Bisnis di Indonesia

  • Mitsubishi Fuso turut berperan dalam pembangunan ekonomi nasional melalui berbagai upayanya mendukung bisnis konsumen. Tak hanya menyediakan produk yang relevan, tapi juga layanan aftersales menyeluruh, pemanfaatan teknologi yang memudahkan, serta perhatian penuh pada driver dan mekanik.


Otojatim.com - Lebih dari 53 tahun Mitsubishi Fuso menjadi pemimpin pasar kendaraan niaga di Indonesia. Pada tahun fiskal 2023 (April 2023 - Maret 2024), Fuso  mampu mengantongi total penjualan 29.276 unit.

“Customer First” jadi salah satu nilai utama yang dipegang erat oleh Mitsubishi Fuso. Suara dan kebutuhan bisnis konsumen senantiasa diperhatikan dan dijadikan prioritas. Inilah yang membentuk loyalitas konsumen hingga sulit didobrak pesaing.


Fuso berpegang pada 3 pilar layanan utama yakni Zero Down Time dimana Mitsubishi Fuso memiliki layanan 127 unit Mobile Workshop Service (MWS) dan 17 Bengkel Siaga 24 jam yang siap memberikan pelayanan terbaik agar kendaraan konsumen memiliki jam operasional yang maksimal. Ditambah 19 Parts Depo untuk menjamin ketersediaan suku cadang.


Pilar kedua adalah Customer Business Consultant, yakni program pelatihan bagi mekanik dan driver konsumen sehingga operasional Truk Fuso yang dimiliki semakin terjamin. 

Pilar ketiga adalah Best Life Cycle Value, di mana Mitsubishi Fuso memberikan pilihan produk andal sesuai kebutuhan, layanan terbaik sejak proses pembelian unit, masa operasional, layanan purna jual prima, hingga harga jual kembali yang masih tinggi.


"Kami akan terus berusaha meningkatkan market share untuk mempertahankan posisi sebagai market leader dengan memanfaatkan setiap peluang di tengah persaingan pasar yang semakin ketat dengan memberikan berbagai program layanan yang sesuai kebutuhan konsumen. Melalui visi kami sebagai Andalan Bisnis Sejati, kami ingin memberikan kontribusi yang terbaik bagi pertumbuhan bisnis konsumen," kata Aji Jaya, Direktur Sales & Marketing Division PT. KTB.


Produk Mitsubishi Fuso tak hanya disesuaikan dengan segmen market, tapi juga mempertimbangkan faktor lingkungan dan keberlanjutan. Seperti mesin standar EURO4 yang dibenamkan pada Canter (4V21) dan Fighter X (6M60).

Demi mempermudah bisnis konsumen, Mitsubishi Fuso menghadirkan sistem canggih bernama Runner Telematic System dengan segudang fitur inovatif  seperti: Job Order Planning (Perencanaan kerja sopir, rute, area dan kendaraannya), Vehicle Management (Pengaturan Penggunaan dan Perawatan Kendaraan), Report / Evaluation (Laporan dan Analisa terkait pengoperasian kendaraan), Driver Management (Pengaturan Penugasan Pengemudi), dan Real Time Monitoring (Mengetahui Lokasi, Situasi, dan Status Perjalanan Kendaraan).


Tak hanya fokus pada produk, Mitsubishi Fuso juga peduli pada mekanik dan driver. Karena merekalah yang sesungguhnya bersentuhan langsung dengan produk Mitsubishi Fuso. 


Lewat program Fleet Customer Training, Mitsubishi memberikan pelatihan seputar perilaku berkendara yang baik, sehingga dapat mengurangi penggunaan bahan bakar, meminimalkan polusi udara, serta menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas.

Manfaat dari program ini dirasakan langsung oleh PT Batavia Prosperindo Trans Tbk (BPTR). Sebagai konsumen loyal, BPTR memiliki ribuan kendaraan niaga Mitsubishi Fuso.


"Dukungan yang tidak berhenti sebatas pengadaan kendaraan saja, namun juga berupa pelatihan bagi mekanik dan trainer, sehingga kualitas dan produktivitas yang disampaikan dapat disetarakan dengan standar yang berlaku di KTB," kata Direktur Utama BPTR, Paulus Handigdo.


PT. Agung Solusi Trans (Ageng Rent), pelanggan setia Mitsubishi Fuso di Jabodetabek, sudah lebih dari 40 tahun menjalankan bisnis rental kendaraan, baik komersial maupun mobil penumpang. Ia memercayakan bisnisnya pada Fuso lantaran kemudahan yang ditawarkan.


“Sudah lama kami mempercayakan kendaraan niaga kami kepada Mitsubishi Fuso untuk disewakan pada konsumen. Mayoritas permintaan dari end user kami untuk kendaraan niaga adalah Mitsubishi Fuso, karena beberapa alasan seperti mudah dioperasikan, lebih irit, perawatan mudah dan harga jual kembali yang tinggi,” kata Edi Cahyono, Manajer Operasional Ageng Rent.


Ageng Rent diketahui memilili ratusan armada Canter FE 71, FE 71 Long, FE 74, dan FE 74 Long untuk disewakan kepada kliennya.


Cerita lainnya datang dari Martin Lucas, pengusaha muda asal Solo yang tengah merintis bisnis jasa mover atau angkut barang pindahan. Ia menceritakan awal mula memiliki unit Canter pertamanya dalam kondisi second hingga akhirnya mantap menambah unit dengan yang baru.


"Sekitar 4 tahun lalu, saya mulai bisnis modal Canter bekas. Setahun saya pakai itu, dan memang cuan. Baru di tahun kedua saya membeli yang barunya karena saya pikir-pikir kalau baru lebih hemat ongkos operasional karena part baru semua dan ada service campaign. Tapi overall punya Fuso memang gak bakalan nyesel sih. Worth it banget," ujar Martin.


Dengan semua upaya yang dilakukan dalam mendukung bisnis konsumennya di Tanah Air, Mitsubishi Fuso telah ikut serta membangun ekonomi nasional. 


Apalagi, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation di Indonesia, telah memperoleh nilai Bobot Manfaat Perusahaan (BMP) tertinggi di industri otomotif di Indonesia.


Nilai BMP diberikan atas usaha sebuah perusahaan dalam memberdayakan usaha mikro, menjaga kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan, memberdayakan lingkungan, serta memberikan fasilitas layanan purnajual.


Tak hanya itu, truk Mitsubishi Fuso juga telah mendapat sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk berbagai varian.


“Kemampuan produksi Mitsubishi Fuso telah diakui di Indonesia selama 53 tahun terakhir, dengan dukungan produsen suku cadang lokal. Kami menjamin ketersediaan dan kenyamanan layanan purna jual Mitsubishi Fuso hingga ke seluruh wilayah Tanah Air, melalui lebih dari 220 outlet dealer. Kami sangat bangga upaya dan kontribusi kami telah dinilai dengan angka yang membanggakan," kata Daisuke Okamoto, Presiden Direktur PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors.

LihatTutupKomentar

Peluncuran SUV Termewah dan Terkencang, Bentley Bentayga Dibanderol Seharga Ferrari

MOBIL KERAJAAN: Bos Bentley Roland Staehler berpose saat peluncuran SUV Bentayga. (Foto/Naskah: Berto) Jakarta, Otojatim.com - Sebaga...

close
harga yamaha nmax turbo